SEKILAS INFO

Bidang PEPD

(1)      Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah mempunyai fungsi :

a.   penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah;

b.   pengkoordinasian pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD, dan RKPD;

c.   mengoordinasikan, mensinergikan dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah;

d.   penyusunan kerangka regulasi dalam perencanaan pembangunan daerah;

e.   melakukan  analisa, pengkajian dan perumusan kebijakan perencanaan dan pendanaan  pembangunan daerah;

f.    melakukan pengkajian, analisa dan perumusan kebijakan kewilayahan;

g.   mengoordinasikan dan mengsinergikan kebijakan perencanaan, kewilayahan  dan penganggaran pembangunan daerah;

h.  melakukan pengumpulan dan analisa data dan informasi pembangunan untuk   perencanaan pembangunan daerah;

i.    pengintegrasian dan harmonisasi program-program  pembangunan di daerah;

j.    melakukan koordinasi evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan daerah, dan pelaksanaan rencana pembangunan daerah, serta evaluasi hasil rencana pembangunan daerah;

k.   melakukan pengendalian melalui pemantauan supervisi dan tindak lanjut dalam rangka pencapaian tujuan program sesuai dengan kebijakan pembangunan;

l.    penyusunan pelaporan hasil pengendalian dan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan daerah, dan pelaksanaan rencana pembangunan daerah, serta evaluasi hasil rencana pembangunan daerah;

m. penyiapan data teknis pembangunan daerah di bidang perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah;

n.  penyusunan rencana kerja dan evaluasi program kerja bidang perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah;

o.   pemberian saran dan pertimbangan atas hasil telaahan dan analisa kepada kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya; dan

p.   pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

(1)      Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

 

(2)      Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, membawahi :

a.     Subbidang Perencanaan dan Pendanaan;

b.     Subbidang Pengendalian dan Evaluasi; dan

c.     Subbidang Data dan Pelaporan.

 

(3)      Masing-masing Subbidang sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

 

(1)      Subbidang Perencanaan dan Pendanaan mempunyai tugas menghimpun data penyusunan perencanaan pembangunan, analisis dan pengkajian perencanaan dan pendanaan pembangunan daerah.

 

(2)      Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Perencanaan dan Pendanaan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

a.   mengoordinasikan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah;

b.   menyiapkan  pelaksanaan musrenbang RPJPD, RPJMD, dan RKPD;

c.   melaksanakan penyusunan kerangka regulasi dalam perencanaan pembangunan daerah;

d.   mengoordinasikan dukungan teknis pengintegrasian dan harmonisasi program-program pembangunan daerah;

e.   melaksanakan pengkajian, analisis, dan perumusan kerangka ekonomi makro daerah (perencanaan ekonomi dan dan indikator ekonomi) melalui pendekatan holistik, integratif, spasial;

f.    mengoordinasikan dan sinkronisasi pelaksanaan pengembangan model ekonomi serta kebijakan perencanaan dan penganggaran pembangunan ekonomi makro daerah;

g.   mengoordinasikan dan sinkronisasi analisis perencanaan dan pendanaan pembangunan daerah, termasuk juga kebijakan keuangan daerah;

h.  mengoordinasikan pagu indikatif pembangunan daerah;

i.    pengkajian, analisis, dan perumusan kebijakan kewilayahan dan konektivitas daerah;

 j.    mengoordinasikan dan sinkronisasi pelaksanaan pengembangan model kewilayahan dan konektivitas serta kebijakan perencanaan pembangunan daerah secara holistik integratif untuk kewilayahan dan konektivitas;

k.   melaksanakan pengkajian, pengkoordinasian dan perumusan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah;

l.    melaksanakan penyiapan data teknis pembangunan daerah di bidang Perencanaan dan Pendanaan;

m. melaksanakan pemberian saran dan pertimbangan atas hasil telaah dan analisa kepada atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;

n.  melaksanakan penyusunan rencana kerja bidang Perencanaan dan Pendanaan;

o.   membuat laporan hasil pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi; dan

p.   melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan.

 

(1)      Subbidang Pengendalian dan Evaluasi mempunyai tugas mengumpulkan, menyiapkan, menyusun dan melakukan evaluasi dan monitoring atas kinerja pembangunan dan monitoring kegiatan pembangunan.

 

(2)           Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Pengendalian dan Evaluasi mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

a.     menghimpun bahan kebijakan teknis sistem pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     melaksanakan penyiapan bahan pengembangan sistem dan prosedur evaluasi, pengendalian dan pelaporan kegiatan terhadap pengendalian dan evaluasi  perumusan kebijakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah;

c.     mengoordinasikan pelaksanaan pengendalian dan evaluasi  perumusan kebijakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah, melalui koordinasi internal (SKPD terkait) dan eksternal meliputi tingkat Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat maupun secara regional (lintas kabupaten dan/atau provinsi);

d.     melaksanakan penyusunan laporan hasil pengendalian dan evaluasi  perumusan kebijakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah;

e.     melaksanakan penyiapan kajian, telaahan dan berbagai studi pendukung kebijakan teknis perencanaan di bidang pengendalian dan evaluasi;

f.      melaksanakan penyiapan data teknis pembangunan daerah di bidang pengendalian dan evaluasi;

g.     melaksanakan pemberian saran dan pertimbangan atas hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;

h.    melaksanakan penyusunan rencana kerja bidang pengendalian dan evaluasi;

i.      membuat laporan hasil pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi; dan

j.      melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan.

 

(1)     Subbidang Data dan Pelaporan mempunyai tugas mengumpulkan, menyiapkan, menyusun dan mengelola data/informasi pembangunan dan menyusun laporan atas pelaksanaan kegiatan pembangunan.

 

(2)      Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbidang Data dan Pelaporan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

a.     melakukan pengumpulan data statistik pembangunan daerah, melalui koordinasi internal (SKPD terkait) dan eksternal meliputi tingkat Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat maupun secara regional (lintas kabupaten dan/ atau provinsi) dalam rangka mewujudkan data informasi pembangunan daerah yang akurat;

b.     mengelola data pembangunan daerah sesuai jenisnya sebagai bahan penyusunan dan pengendalian serta evaluasi hasil rencana pembangunan daerah;

c.     menyajikan data pembangunan daerah sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi;

d.     menyusun laporan hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara periodik sebagai bahan evaluasi;

e.     pemberian saran dan pertimbangan atas hasil telaah dan analisa kepada atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;

k.     penyusunan rencana kerja Subbidang Data dan Pelaporan;

l.      membuat laporan hasil pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi; dan

m.   melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan.